Shalawat Nariyah Dan Keutamaannya

Posted on

Shalawat Nariyah Dan Keutamaannya! Shalawat nabi merupakan salah satu ibadah yang tidak dapat di pisahkan dengan umat muslim dimanapun mereka berada. Shalawat adalah sunnah nabi yang dianjurkan bagi seluruh ummatnya. Ada berbagai macam shalawat yang terkenal salah satu diantaranya adalah shalawat nariyah.

Shalawat Nariyah
Shalawat Nariyah

Membaca shalawat merupakan perbuatan terpuji yang merupakan perintah Allah. Allah berfirman  dalam surat Al-Ahzab 56:

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”

Shalawat Nariyah disebut juga shalawat Tafrijiyyah (pelepasan dari kesusahan), ada juga yang menyebutnya sebagai Shalawat Taziyah, dinisbatkan kepada Syekh Abdul Wahab at-Tazy, demikian ditulis oleh KH. Abdul Aziz Masyhuri dalam Aneka Macam Redaksi Shalawat Muhammad dan Khasiatnya. Ustadz Sya’roni dalam blognya mengutip pendapat Habib Mundzir bin Fuad al Musawa menyatakan bahwa pengarang shalawat nariyah adalah Syekh Ibrahim at Tazy al Maghrib, ulama sufi asal Taza Maroko.

Bacaan Shalawat Nariyah:

Artinya: ““Ya Allah, berikanlah Shalawat yang sempurna dan salam yang sempurna kepada Beliau Baginda Nabi kami Muhammad yang dengannya terlepas dari ikatan (kesusahan) dan dibebaskan dari kesulitan. Dan dengannya pula ditunaikan hajat dan diperoleh segala keinginan dan kematian yang baik, dan memberi siraman (kebahagiaan) kepada orang yang sedih dengan wajahnya yang mulia, dan kepada keluarganya, para shahabatnya, dengan seluruh ilmu yang engkau miliki“.

 

Apa Saja Keutamaan Membaca Shalawat Nariyah?

 

Adapaun keutamaan dari membaca Shalawat Nariyah yang pertama adalah kita akan diberikan kelapangan rezeki oleh Allah SWT. Dalam hidup, kita memiliki berbagai macam kebutuhan dan kebutuhan tersebut harus kita penuhi. Allah menurunkan rezekinya kepada setiap orang dengan cara yang berbeda-beda dan dengan porsi yang berbeda pula.

Dengan mengamalkan Shalawat Nariyah maka Allah akan melapangkan rezeki kita. Caranya adalah dengan membaca shalawat ini dibaca 11 kali setelah shalat maktubah secara rutin, maka akan dilancarkan rezekinya dan mendapat kehormatan yang baik dalam pergaulan di masyarakat.

Selain keutamaan diatas, membaca Shalawat Nariyah maka akan di mudahkan segala urusan dunia oleh Allah SWT. Ketika kita sudah menyerahkan semua urusan duniawi kepada Allah Sang Maha berkuasa di muka bumi ini maka segala urusan yang kita hadapi akan dimudahkan dan diberikan jalan keluarnya oleh Allah SWT.

Untuk dapat merasaan keutamaan dimudahkannya segala urusan kita maka kita haruslah mengamalkan Shalawat Nariyah dengan penuh keihklasan dan ketulusan hati. Caranya adalah shalawat nariyah dibaca sebanyak 31 kali setelah melaksanakan shalat subuh maka Allah akan melancarkan segala urusan dan usaha yang dilakukannya keesokan harinya.

Keutamaan selanjutnya dari Shalawat Nariyah adalah dijauhkan dari penyakit dan bahaya. Semua orang tidak pernah tau kapan dia akan ditimpa sebuah musibah ataupun ujian dari Allah SWT. Tugas kita hanyalah berserah diri dan menyerahkan seluruhnya kepada Kuasa Allah.

Untuk dapat melindungi diri kita dari penyakit atau bahaya kita perlu melakukan amalan Shalawat Nariyah. Seseorang yang membaca shalawat nariyah sebanyak 90 kali dapat terhindar dari segala penyakit dan bentuk kesusahan lainnya dan juga diberikan kesenangan didunia serta dijauhkan dari kesukaran yang bisa menyulitkan hidupnya.

Baca Juga : https://sholawat.org/hukum-membaca-sholawat-nabi

Keutamaan terakhir dan luar biasa dari amalan Shalawat Nariyah adalah dikabulkannya segala hajat yang kita inginkan. Shalawat nariyah yang dibaca secara bersama-sama dan dalam suatu majelis yang besar sebanyak 300 kali diyakini akan dikabulkan hajatnya oleh Allah SWT. Demikian ulasan mengenai Shalawat Nariyah, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca.

Gravatar Image
Sholawatbaru adalah situs yang berisi berbagai macam lagu sholawat baik itu az zahir, babul musthofa (BBM) dan al munsyidin lengkap