Shalawat Nabi Dan Hukum Membaca Shalawat Nabi

Posted on

Shalawat Nabi Dan Hukum Membaca Shalawat Nabi! Bershalawat adalah salah satu ibadah yang dilakukan oleh umat islam. Shalawat memiliki keutamaan bagi para pembaca yang membaca dengan setulus hati dengan penuh keikhlasan. Dengan bershalawat kita akan lebih dekat dengan Allah dan Rasulnya.

Shalawat Nabi
Shalawat Nabi

Pada hakikatnya, membacakan Shalawat Nabi tergantung pada niat orang yang membacakannya. Karena pada dasarnya shalawat memiliki arti rahmat ataupun kasih sayang yang dibutuhkan oleh seseorang di dalam kehidupannya.

Adapun bacaan shalawat nabi yaitu :

Artinya: “Ya Allah, berilah kasih sayang kepada junjungan kita nabi Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberi kasih sayangMu kepada junjungan kita nabi Ibrahim dan keluarganya. Dan berkatilah kepada junjungan kita nabi Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberkati junjungan kita nabi Ibrahim dan keluarganya diantara makhlukmu, seseungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Mulia.”

Shalawat Nabi ini memiliki makna bahwa seseorang yang membacanya meminta kepada Allah untuk memberikan rahmat serta Keselamatan bagi nabi Muhammad SAW dan keluarganya. Permintaan ini adalah wujud dari kecintaan umat kepada junjungannya yang begitu mulia tingkah lakunya dan menjadi panutan bagi setiap orang.

Lalu Bagaimana Hukum Membaca Shalawat Nabi?

 

Berbicara mengenai Shalawat Nabi ada banyak pendapat dari para ulama. Kesimpulannya bahwa shalawat itu merupakan suatu perbuatan yang sangat disukai Rasulullah SAW, sehingga membaca sholawat nabi itu sangat dianjurkan. Sebagai orang muslim yang ingin disukai oleh Rasulullah, pastinya kita harus mencintai Rasulullah SAW terlebih dahulu dengan melakukan perbuatan yang disukainya, yaitu shalawat.

Membaca Shalawat Nabi  dengan niat yang tulus dan ikhlas akan mendatangkan banyak manfaat untuk kita. Makna shalawat kepada nabi Muhammad SAW adalah meminta kepada Allah SWT agar Beliau memuji dan mengagungkan Nabi Muhammad SAw di dunia dan akhirat.

Dengan menyenandungkan Shalawat Nabi Allah akan menjanjikan setiap membaca satu Shalawat maka akan dihapuskan 10 dosa yang dimiliki bagi siapa yang membacanya. Setiap orang pasti memiliki dosa yang di dapat dari perbuatannya. Dosa-dosa tersebut dapat dihapuskan dengan membaca shalawat kepada nabi.

Selain keutamaan diatas, keutamaan lain dari membaca Shalawat Nabi adalah ditinggikan derajatnya oleh Allah. Terdapat hadist yang mengatakan hal tersebut. Yaitu “Barangsiapa bersholawat kepadaku satu kali, niscaya Allah bersholawat kepadanya sepuluh sholawat, menghapus darinya sepuluh dosa dan mengangkat derajatnya sepuluh derajat.

Keutamaan lain dari membaca Sholawat Nabi adalah dimudahkannya segala doa. Setiap orang memiliki begitu banyak keinginan didalam dirinya. Hal tersebut membuat orang terus memanjatkan doa dalam setiap waktunya.

Untuk memudahkan doa kita terkabul adalah diringi dengan sering membaca Shalawat Nabi. Hal ini tercantum dalam sebuah hadist yang artinya:“Setiap doa akan terhalang hingga diucapkan sholawat kepada Muhammad” (HR. Thabrani). Setiap doa yang kita panjatkan kepada Allah SWT mungkin saja terhalang karena adanya dosa-dosa yang kita miliki dan untuk mempermudah jalannya doa kita maka perlu untuk membaca shalawat nabi di setiap waktunya.

Baca Juga : https://sholawat.org/shalawat-kamaliyah-penebus-api-neraka

Salah satu keutamaan yang luar biasa dari membaca Shalawat Nabi adalah dimudahkan baginya untuk masuk syurga. Tujuan hidup semua orang adalah masuk syurga di akhirat nanti. Dengan mengamalkan Shalawat Nabi maka akan dimudahkan baginya jalan menuju Syurga.

Mungkin itu saja ulasan mengenai Shalawat Nabi. Semoga dengan adanya ulasan ini dapat memberikan manfaat dan dapat memberikan pengetahuan lebih mengenai shalawat nabi dan hukumnya membaca shalawat nabi.

Gravatar Image
Sholawatbaru adalah situs yang berisi berbagai macam lagu sholawat baik itu az zahir, babul musthofa (BBM) dan al munsyidin lengkap