Amalan Shalawat Ibrahimiyah

Posted on

Amalan Shalawat Ibrahimiyah! shalawat nabi merupakan salah satu ibadah yang tidak dapat di pisahkan dengan umat muslim dimanapun mereka berada. Shalawat adalah sunnah nabi yang dianjurkan bagi seluruh ummatnya. Ada berbagai macam shalawat yang terkenal salah satu diantaranya adalah shalawat Ibrahimiyah.

shalawat Ibrahimiyah
shalawat Ibrahimiyah

Shalawat Ibrahimiyah merupakan bentuk shalawat yang sempurna dan paling utama dibandingkan dengan shalawat yang lain. seseorang yang mengamalkan shalawat ini dengan penuh keikhlasan dan istiqomah mengamalkannya maka akan menimbulkan pengaruh yang sangat besar dalam keghidupannnya.

Kesitimewaan dari Shalawat Ibrahimiyah sendiri adalah bahwa shalawat ini diajarkan langsung oleh nabi Muhammad SAW. Sehingga shalawat ini sangat dianjurkan untuk dapat diamalkan oleh umat nabi Muhammad SAW.

Bacaan Shalawat Ibrahimiyah:

Artinya :

“Ya Allah, berilah kasih saying kepada junjungan kita nabi Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberi kasih sayangmMu kepada junjungan kita Nabi Ibrahim dan keluarganya. Dan berkatilah kepada junjungan kita nabi Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberkati junjungan kita nabi Ibrahim dan kelurganya diantara makhluk makhlukmu, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Mulia.”

Anda bisa mengamalkannya sebanyak 333 kali sehari untuk mendapatkan manfaatnya yang amat besar. Shalawat Ibrahimiyah adalah bentuk shalawat yang ditujukan kepada junjungan kita, Nabi Muhammad saw yang paling sempurna atau paling baik. Karena itulah para ulama mengistimewakan bentuk shalawat ini karena adanya kesepakatan atas kesahehan riwayat yang menurunkan hadis ini.

Sebagaimana para imam hadist yaitu Imam Malik dalam kitab Muwaththa’, Bukhari dan Muslim dalam dua kitab Shahehnya, Abu Dawud, Tirmidzi dan Nasa’i telah meriwayatkannya.Al-Hafidz al-’Iraqi dan al-Hafidz as-Sakhawi. Beliau semua menyatakan bahwa hadist ini telah disepakati kesahihannya. Demikianlah Syaikh menyebutkan dalam kitab syarh Dalail al-Khairat dan dalam kitabnya yang lain.

Apa Saja Keutamaan Dari Shalawat Ibrahimiyah?

Ketika berbicara mengenai keutamaan dari shalawat, tentunya semua shalawat pada umumnya memiliki keutamaan yang tidak jauh berbeda. Shalawat Ibrahimiyah sebagai shalawat yang paling sempurana dan paling utama dibandingkan dengan shalawat yang lain tentunya memiliki keutamaan tersendiri.

Salah satu keutamaan dari Shalawat Ibrahimiyah ini adalah mendapatkan rahmat dan keselamatan dunia dan akhirat. Tentunya mendapat rahmat dan keselamatan baik di dunia maupun di akhirat merupakan hal yang paling di idam-idamkan oleh seluruh umat manusia. Dengan mengamalkan shalawat ini Insyaallah Allah akan selalu memberikan rahmat dan keselamatan dunia akhirat kepada anda.

Selain itu, keutamaan lainnya dari Shalawat Ibrahimiyah sendiri adalah mendapatkan segala kebutuhan hidup baik di dunia maupun di akhirat. Kebutuhan bukan hanya kebutuhan atas sandang, pangan, dan papan. Melainkan manusia memiliki kebutuhan akan ketenangan rohaninya. Dengan mengamalkan shalawat ini seseorang akan mendapatkan apa yang ia butuhkan baik di dunia maupun di akhirat.

Baca Juga : https://sholawat.org/tingkatkan-iman-islam-bersholawat

Rezeki yang halal tentunya sangat diimpikan oleh sebagian besar orang. Rezeki bukan hanya sekedar pembahasan mengenai materiil tapi lebih luas lagi tentang segala aspek yang kita miliki di dunia. Untuk melapangkan rezeki yang halal maka perlu bagi anda untuk mengamalkan Shalawat Ibrahimiyah secara istiqomah.

Selain itu, Shalawat Ibrahimiyah digunakan utnuk menumbuhkan kewibaan diri kepada orang lain. Dengan mengamalkan shalawat ini, secara perlahan-lahan Allah akan membukakan jalan bagi kita untuk dapat memunculkan kewibawaan baik dalam bersikap baik dalam ucapan maupun perilakunya.

Mungkin itu saja ulasan dari artikel ini, semoga dengan diulasnya keutamaan Shalawat Ibrahimiyah anda bisa lebih bersemangat untuk berlomba-lomba mengamalkan shalawat ini.

 

 

Gravatar Image
Sholawatbaru adalah situs yang berisi berbagai macam lagu sholawat baik itu az zahir, babul musthofa (BBM) dan al munsyidin lengkap