Al-Qur’an Dan Sholawat Harus Dapat Kita Baca Setiap Hari

Posted on

Al-Qur’an Dan Sholawat Harus Dapat Kita Baca Setiap Hari ialah artikel yang membahas tentang keutamaan membaca Al-Qur’an dan Sholawat. Al-Qur’an menetapkan standar dasar perilaku manusia, tetapi tidak memberikan kode hukum yang rinci. Hanya beberapa ayat yang membahas masalah hukum. Selama masa hidupnya, Muhammad membantu klarifikasi hukum dengan menafsirkan ketentuan dalam Alquran dan bertindak sebagai hakim dalam kasus hukum. Dengan demikian, hukum Islam, Syariah, menjadi bagian integral dari agama Islam.

Setelah kematian Muhammad pada 632 AD, sahabat Muhammad memerintah Arab selama sekitar 30 tahun. Penguasa politik-agama ini, yang disebut khalifah, terus mengembangkan hukum Islam dengan pernyataan dan keputusan mereka sendiri. Para khalifah pertama juga menaklukkan wilayah di luar Arab termasuk Irak, Suriah, Palestina, Persia, dan Mesir. Akibatnya, unsur-unsur Yahudi, Yunani, Romawi, Persia, dan hukum gereja Kristen juga mempengaruhi perkembangan Syariah. Hal seperti ini memang terjadi, dan mengingat sholawat atas nabi yang dapat mendinginkan hati

Hukum Islam tumbuh seiring dengan Kekaisaran Muslim yang semakin meluas. Kalifah Dinasti Umayyah, yang menguasai kekaisaran pada tahun 661, memperluas Islam ke India, Afrika Barat Laut, dan Spanyol. Umayyah menunjuk hakim Islam, kadis , untuk memutuskan kasus yang melibatkan Muslim. (Non-Muslim mempertahankan sistem hukum mereka sendiri.) Memiliki pengetahuan tentang Quran dan ajaran Muhammad, kadis memutuskan kasus di semua bidang hukum.

Setelah periode pemberontakan dan perang saudara, Bani Umayyah digulingkan pada tahun 750 dan digantikan oleh dinasti Abbasiyah. Selama pemerintahan Abbasiyyah selama 500 tahun, Syariah mencapai perkembangan penuhnya. Akan ada setiap hari orang ber sholawat untuk nabi muhammad.

Di bawah kekuasaan absolut mereka, kaum Abbasiyyah memindahkan sejumlah besar wilayah hukum pidana dari kadis ke pemerintah. Para kadis terus menangani kasus-kasus yang melibatkan hukum agama, keluarga, properti, dan komersial.

Abbasiyyah mendorong para sarjana hukum untuk memperdebatkan Sharia dengan penuh semangat. Satu kelompok menyatakan bahwa hanya Alquran yang diilhamkan dan ajaran Nabi Muhammad yang harus membentuk Syariah. Namun, sebuah kelompok saingan, berpendapat bahwa Syariah juga harus memasukkan pendapat yang beralasan dari para sarjana hukum yang berkualitas. Sistem hukum yang berbeda mulai berkembang di berbagai provinsi. Dalam hal ini Sholawat sangat di perlukan untuk merelai masalah.

Dalam upaya untuk mendamaikan kelompok-kelompok pesaing, seorang sarjana hukum yang brilian bernama Shafii mensistematisasi dan mengembangkan apa yang disebut “akar hukum”. Shafii berpendapat bahwa dalam menyelesaikan pertanyaan hukum, kadi atau hakim pemerintah harus terlebih dahulu berkonsultasi dengan Alquran. Jika jawabannya tidak jelas di sana, hakim harus mengacu pada ucapan dan keputusan otentik Muhammad. Jika jawabannya terus menghindar dari hakim, maka dia harus melihat konsensus cendekiawan Muslim tentang masalah ini. Masih gagal menemukan solusi, hakim bisa membentuk jawaban sendiri dengan analogi dari “preseden terdekat dalam kemiripan dan paling sesuai” dengan kasus yang dihadapi.

Bagaimana Al-Qur’an dan Sholawat Bersinergi Dalam Islam ?

Syafril memprovokasi kontroversi. Dia terus-menerus mengkritik apa yang dia sebut “orang-orang nalar” dan “orang-orang dari tradisi”. Saat berbicara di Mesir pada 820, dia diserang secara fisik oleh lawan yang marah dan meninggal beberapa hari kemudian. Namun demikian, pendekatan Syafii kemudian diadopsi secara luas di seluruh dunia Islam.

Sekitar tahun 900, Syariah klasik telah terbentuk. Spesialis Islam dalam hukum menyusun buku pegangan bagi para hakim untuk digunakan dalam membuat keputusan mereka. Syariah klasik bukanlah sebuah aturan hukum, tetapi sebuah badan keilmuan agama dan hukum yang terus berkembang selama 1.000 tahun ke depan. Bagian berikut mengilustrasikan beberapa fitur dasar hukum Islam seperti yang diterapkan secara tradisional.

 

Incoming search terms:

Gravatar Image
Sholawatbaru adalah situs yang berisi berbagai macam lagu sholawat baik itu az zahir, babul musthofa (BBM) dan al munsyidin lengkap